PERBAIKAN MAKALAH
ILMU PENDIDIKAN ISLAM
TUJUAN PENDIDIKAN
ISLAM
Jurusan : Tarbiyah
Prodi : Pendidikan
Bahasa Arab/D/III
Disusun oleh Kelompok III:
MUHAMMAD TOHIR NPM
: 1170352
NUR AFRIZAL
NPM : 1170442
ARIS PERMANA
NPM : 1169742
TITIN SUMARTINI NPM :1170922
RATNA MISGIANTI NPM : 1170572
NPM : 1170572
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI
STAIN JURAI
SIWO METRO
2012
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
segala puji bagi Allah yang telah memberikan kenikmatan kepada Hamba-Nya tanpa
memilah-milih, terkhusus kepada kami sehingganya dapat menyelesaikan tugas
makalah dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan dan petunjuk-Nya mungkin
penyusun tidak akan sanggup kami menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Penyusun
juga mengucapkan terima kasih kepada Bpk. Drs. H. Basri, M. Ag., selaku
dosen yang telah membimbing penyusun, dan rekan-rekan yang telah turut serta
memberikan kritik dan saran sehingga dapat bermanfaat dalam penyusunan makalah
ini.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu,
penulis dengan senang hati akan menerima kritik, saran, dan masukan yang
bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Metro, 22 September
2012
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ....................................................................................... i
KATA PENGANTAR ...................................................................................... ii
DAFTAR ISI .................................................................................................... iii
BAB I. PENDAHULUAN ............................................................................... 1
A.
Latar
Belakang .................................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah ................................................................................. 1
C.
Tujuan.................................................................................................... 1
D.
Metode.................................................................................................. 1
BAB II. PEMBAHASAN.................................................................................. 2
A.
Pengertian
Tujuan Pendidikan Islam.................................................... 2
B.
Fungsi Tujuan Pendidikan Islam......................................................... 3
C.
Tahap-tahap
Tujuan Pendidikan Islam................................................. 4
D.
Aspek-aspek
Tujuan Pendidikan Islam................................................ 6
E.
Ranah
Tujuan Pendidikan Islam........................................................... 7
BAB III. SIMPULAN ..................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pendidikan
adalah sesuatu hal yang sangat penting, Terutama pendidikan Islam. Karena
Pendidikan Islam mengandung nilai kebenaran dari konsep Ilahi menyempurnakana
serta mengoreksi kekeurangan system pendidikan yang ada. Oleh karena itu tujuan
disusun makalah ini adalah sebagai sumbangsih perhatian kami terhadap dunia
pendidikan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian Tujuan pendidikan Islam?
2.
Apa
fungsi Tujuan pendidikan Islam?
3.
Apa saja tahap-tahap dalam Tujuan pendidikan
Islam?
4.
Apa
saja aspek-aspek Tujuan Pendidikan Islam?
5.
Apa
saja ranah Tujuan Pendidikan Islam?
C. Tujuan
1.
Mengetahui
pengertian Tujuan Pendidikan Islam?
2.
Mengetahui
apa fungsi Tujuan Pendidikan Islam?
3.
Mengetahui
apa saja Tahap-tahap dalam Tujuan Pendidikan Islam?
4.
Mengetahui apa saja Aspek-aspek dalam Tujuan Pedidikan
Islam?
5.
Mengetahui
Ranah tujuan Pendidikan Islam?
D. Metode
Makalah ini disusun dari kumpulan beberapa sumber buku, dengan
mencari hal-hal yang berkaitan dengan pokok bahasan. Selain itu juga diambil
dari sumber internet dari situs-situs yang membahas tentang materi.
BAB
II
POKOK
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Tujuan Pedidikan Islam
Tujuan ialah suatu suatu yang diharapkan tercapai
setelah sesuatu usaha atau kegiatan selesai. Tujuan merupakan standar usaha
yang dapat ditentukan, serta mengarahkan usaha yang akan dilalui dan merupakan titik pangkal untuk mencapai tujuan-tujuan lain.[1]
Selain itu tujuan dapat membatasi ruang gerak usaha, agar kegiatan dapat
terfokus pada apa yang dicita-citakan, dan yang terpenting dapat memberi
penilaian atau evaluasi pada usaha-usaha pendidikan.
Dilihat dari kacamata ilmu pendidikan teoritis, tujuan pendidikan
ditempuh secara bertingkat, misal tujuan
intermediair (sementara atau antara) adalah suatu batas sasaran
kemampuan yang harus dicapai dalam proses pedidikan untuk mencapai tujuan
akhir.
Ada lagi misal tujuan insidetal adalah
suatu peristiwa tertentu yang tidak direncanakan akan tetapi dapat dijadikan
sasran dari proses pendidikan pada tingkat tertentu. Misal peristiwa
meletusnya gunung berapi dapat dijadikan objek pendidikan yang mana kejadian
tersebut sebagai motivasi kemampuan anak didik untuk memahami arti kekuasaan
Tuhan.
Dari berbagai tujuan teoritis tersebut bertujuan untuk
memudahkan proses kependidikan melalui tahapan yang lebih meningkat kearah
tujuan umum atau tujuan akhir.
Dalam adagium ushuliyah dinyatakan bahwa: al-umur bi
maqashidiha”, bahwa setiap tindakan dan aktifitas harus berorientasi padsa
tujuan atau rencanayang telah ditetapkan.
Adagium ini menunjukan bahwa pendidikan seharusnya
berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai, bukan semata-mata berorientasi pada
sederetan materi.
Oleh karena itu tujuan pendidikan Islam menjadi komponen pendidikan yang
harus dirumuskan terlebih dahulu sebelum merumuskan komponen-komponen
pendidikan yang lain.
Adapun tujuan akhir pendidikan Islam pada hakikatnay
adalah ralitas cita-cita ajaran Islam itu sendiri, yang membawa misi
kesejahteraan manusia di dunia dan akhirat.
Sebagaimana firman Allah SWT:
“Sesungguhnya shalatku dan ibadahku dan hidupku serta matiku hanya untuk
Allah, Rabb semesta alam”.
Dari ayat diartikan bahwa tujuan akhir dari pendidikan Islam terletak dari
realisasi sikap penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT, baik secara
perorangan, masyarakat maupunsebagai umat manusiasecara keseluruhannya.
B.
Fungsi Tujuan Pendidikan Islam
Menurut tugas dan fungsi manusia secara filosofis, tujuan
pendidikan bisa dibedakan sebagai berikut:
Tujuan Individual yang menyangkut individu, melalui proses belajar dengan
tujuan mempersiapkan dirinya dalam kehidupan dunia dan akhirat.
Tujuan Sosial yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat sebagai
keseluruhan, dan dengantingkah laku masyarakat umumnya serta dengan
perubahan-perubahan yang diinginkan pada
pertumbuhan pribadi, pengalaman dan kemajuan hidupnya.
Tujuan Profesional yang menyangkut pengajaran sebagai ilmu, seni, dan
proporsi diantara profesi serta sebagai suatu kegiatan dalam masyarakat.
Dalam ketiga fungsi tujuan tersebut
tidak boleh terpisah, sehingga dapat tercipta tipe manusia paripurna seperti
dikehendaki ajaran Islam.
Oleh karena itu tujuan pendidikan pada hakikatnya
merupakan cita-cita mewujudkan nilai-nilai maka filsafat pendidiklah yang
memberi dasar dan corak serta arah dan tujuan pendidikan itu sendiri.
Dalam pelaksanaan tujuan tersebut dapat dibedakan dalam
dua macam tujuan:
1. Tujuan Operasional
Tujuan Operasional adalah tujuan yang dicapai menurut
program yang telah ditentukan atau ditetapkan dalam kurikulum.
2.Tujuan Fungsional
Tujuan Fungsional yaitu tujuan yang hendak dicapai menurt kegunananya
baik dari aspek teoritismaupun aspek praktis. Artinya anak didik telah siap dipakai dalam bidang keahlian yang dituntut oleh
dunia kerja dan lingkungannya.
C. Tahap-tahap Tujuan Pendidikan Islam
Ada beberapa tujuan pendidikan Islam:
1. Tujuan Umum
Tujuan Umum ialah tujuan yang akan dicapai dengan semua kegiatan
pendidikan, baikdengan pengajaran ataudengan cara lain. Tujuan tersebut
harus meliputi seluruh aspek kemanusian yang meliputi sikap, tingkah laku,
penampilan, kebiasaan dan pandangan. Tujuan ini dibedakan pada setiap tingkatan
umur, kecerdasan, situasi dan kondisi dengan kerangka yang sama.
Cara atau alat yang paling efektif dan efesien untuk mencapai tujuan
pendidikan ialah pengajaran. Pengajaran ialah poros membuat jadi terpelajar ( tahu,
mengerti, menguasai, ahli; belum tentu menghayati dan meyakini).
Tujuan umum pendidikan Islam harus dikaitkan pula dengan
tujuan pendidikan nasional Negara tempat
pendidikan Islam itu dilaksanakan dan harus dikaitkan pula dengan tujuan
institusional lembaga yang menyelenggarakan pendidikan itu.
2. Tujuan Akhir
Tujuan akhir artinya pendidikan
Islam itu berlangsung selama hidup,maka tujuan akhirnaya terdapat pada waktu
hidupdidunia ini telah berakhir pula. Karen pola taqwa dapat mengalami naik
turundan bertambah serta berkurang dalam perjalanan hidup manusia. Karena
itulah pendidikan Islam itu berlaku selama hidup untuk menumbuhkan,
memupuk, dan mengembangkan, memelihara dan mempertahankan tujuan pendidikan
yang telah dicapai.
.
Allah SWT berfirman
“Wahai orang-orang beriman,.
Bertaqwalah kamu kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa; dan janganlah
kamu mati kecuali dalam keadaan muslim”.
3. Tujuan Sementara
Tujuan sementara ialah tujuan yang akan dicapai setelah anak didik
diberi sejumlah pengalaman tertentu yang direncanakan dalam suatu kurikulum
pendidikan formal. Tujuan operasional dalam bentuk tujuan instruksional
yang dikembangkan menjadi tujuan instruksional umum dan khusus (TIU dan TIK),
dapat dianggap tujuan sementaradengan sifat yang agak berbeda.
Sejak tingkat Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, gambaran
Insan Kamil itu hendaknya sudah kelihatan. Dengan kata lain, bentuk Insan Kamil
dengan pola takwa itu harus kelihatan dalam semua tingkat pendidikan islam.
Karena itu setiap lembaga pendidikan islam harus dapat merumuskan tujuan
pendidikan Islam sesuai dengan tingkatan jenis pendidikanya. Ini berarti bahwa
tujuan pendidikan islam Madrasah Tsanawiyah berbeda dengan tujuan di Madrasah
‘Aliyah, dan tentu saja berbeda dengandi SMTP. Meskipun demikian Polanya sama,
yaitu takwa dibentuknya sama, yaitu takwa dibentuknya sama, yaitu Insan
Kamil.Yang berbeda hanya bobot dan mutunya saja.
6. Tujuan operasional
Tujuan operasional
ialah tujuan praktis yang akan dicapai dengan sejumlah kegiatan pendidik
tertentu . Satu unit kegiatan pendidikan dengan bahan-bahan yang sudah
dipersiapkan dan diperkirakan akan mencapai tujuan tertentu disebut tujuan
operasional dalam pendidikan formal, tujuan operasional ini disebut
juga tujuan ainstruksional yang selanjutnya dikembangkan menjadi tujuan
instruksional umum dan tujuan instruksional khusus (TIU dan TIK). Tujuan
instruksional ini merupakan tujuan pengajaran yang direncanakan dalam unit-unit
kegiatan pengajaran.
Sifat operasionalnya lebih
ditonjolkan dari sifat penghayatan dan kepribadian. Untuk tingkat yang paling
rendah, sifat yang berisi kemampuan dan keterampilanlah yang
ditonjolkan,Misalnya, ia dapat berbuat, terampilmelakukan, lancer mengucapkan.
Mengerti, memahami, meyakini dan menghayati adalah soal kecil.Kemampuan dan
keterampilan yang dituntut pada anak didik, merupakan sebagian kemampuan dan
keterampilan Insan Kamil dalam ukuran anak, yang menuju kepada betuk Insan Kamil
yang semakin sempurna (meningkat). Anak harus sudah terampil melakukan ibadat,
(sekurang-kurangnya ibadat wajib) meskipun ia belummemahami dan menghayati
ibadat itu.
D. ASPEK-ASPEK TUJUAN
Tujuan akhir mengandung nilai-nilai islami dalam segala
aspeknya [2]yaitu aspek normatif, aspek
fungsional, dan aspek operasional.
Tujuan normatif. Tujuan yang ingin dicapai berdasarkan norma-norma
yang mampu mengkristalisasikan nilai-nilai yang hendak diinternalisasi,
misalnya:
1. Tujuan
Normatif
a). Tujuan formatif yang bersifat memberi
persiapan dasar yang korektif.
b). Tujuan selektif yang bersifat memberikan
kemampuan membedakan
hal-hal yang
benar dan yang salah.
c). Tujuan
determinative yang bersifat memberi kemampuan untuk mengarahkan diri pada
sasaran-sasaran yang sejajar dengan proses
kependidikan.
d). Tujuan intregatif yang bersifatmemberi
kemampuan untuk memadukan tujuan akhir.
e). Tujuan aplikatif yang bersifat memberikan
kemampuan penerapan segala pengetahuan yang telah diperoleh dalam pengalaman
pendidikan.
2. Tujuan
Fungsional.
Tujuan yang sasaranya diarahkan pada kemampuan
peserta didik untuk memfungsikan daya kognisi,afeksi dan psikomotorik dari
hasil pendidikan yang diperoleh sesuai dengan yang ditetapkan. Tujuan ini
meliputi:
a. Tujuan individual
b. Tujuan social
c. Tujuan moral
d. Tujuan professional
3. Tujuan operasional.
Tujuan yang mempunyai sasaran teknis
manajerial. Menurut Langeveld, tujuan ini dibagi menjadi enam macam, yaitu:
a. Tujuan Umum
b. Tujuan Khusus
c. Tujuan tak lengkap
d. Tujuan incidental (tujuan seketika)
e. Tujuan Sementara
f. Tujuan Intermedier (penguasaan pengetahuan)
Komponen-komponen tujuan pendidikan di atas tidak hanya terfokus pada
tujuan yang bersifat teoritis,tetapijuga bertujuan praktis yang sasaranya pada
pemberian kemampuan praktis peserta didik.
E. RANAH TUJUAN
Secara umum Nana Sujana,
merangkumkan ranah tujuan meliputi
:
domain,kognitif,afektif
dan psikomotor, untuk tiap-tiap bidang atau domain.
1.
Domain kognitif
a) pengetahuan yang khusus;
b) pemahaman;
c) penggunaan/aplikasi;
d) analisa;
e) sintesa;
f). evaluasi.
2. Domain Afektif
a) menerima;
b)
menjawab;
c)
menilai;
d) mengorganisasikan;
e)
memberi sifat atau karakter.
3.
Domain Psikomotor
a)
gerakan refleks;
b) gerakan dasar/sederhana;
c) kemampuan menghayati;
d) kemampuan fisik (jasmani);
e)
gerakan yang sudah terampil;
f) komunikasi ekspresif.
Tiga
ranah ini amat terkait dengan salah satu orientasi kurikulum, yaitu orientasi
pada peserta didik (memenuhi kebutuhan peserta didik yang disesuaikan dengan
bakat, minat dan kemampuan).
Ranah
tujuan pendidikan Islam lebih luas dari ranah di atas; di samping kognitif,
afektif, dan psikomotorik, juga meliputi ranah kognitif dan performance
konatif, berhubungan dengan motivasi/dorongan dari dalam atau niat, sebagai titik
tolak peserta didik untuk melakukan sesuatu. Sedangkan performance adalah
kualitas/kinerja yang dilakukan seseorang.
BAB III
SIMPULAN
Tujuan ialah suatu suatu yang diharapkan tercapai setelah
sesuatu usaha atau kegiatan selesai. Tujuan merupakan standar usaha yang dapat
ditentukan, serta mengarahkan usaha yang akan dilalui dan merupakan
titik pangkal untuk mencapai tujuan-tujuan lain.
Adapun tujuan akhir pendidikan Islam pada hakikatnya adalah ralitas
cita-cita ajaran Islam itu sendiri, yang membawa misi kesejahteraan manusia di
dunia dan akhirat.
Daftar
Pustaka
Arifin, H. M
.2008. Ilmu Pendidikan Islam Cetakan Ke-3. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mujib, Abdul
dan Mudeli, Jusuf. 2010. Ilmu Pedidikan Islam Cetakan Ke-3. Jakarta: PT
Kencana Prenada Media.
http/
pendidikan Islam.ensiklopedi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar